Dirjen Pengelolaan Utang Bekerjasama Dengan FE UBB Adakan Sosialisasi SUN


Pangkalpinang (UBB). Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung menyelenggarakan Sosialisasi Surat Utang Negara (SUN), Jumat (01/06) di Hotel Santika. Menghadirkan dua narasumber dari Dirjen Pengelolaan Utang yaitu Wien Irwanto Kepala Sudirektorat Analisis Keuangan dan Pasar SUN dan Syafwardi, Kepala Seksi Evaluasi Pelaksanaan Transaksi beserta jajaran, dari UBB dihadiri Wakil Rektor II Bidang Adm. Umum, Perencanaan dan Keuangan A. Fauzi Amiruddin, S.H.,M.M mewakili Rektor UBB, Dekan Fakultas Ekonomi Devi Valeriani, S.E., Dosen-dosen, Civitas Akademika serta mahasiswa di lingkungan UBB, SMU dan Perguruan Tinggi Negeri/Swata di Babel.

Dalam sambutannya sekaligus membuka Fauzi menyampaikan, "Mudah-mudahan dengan sosialisasi SUN ini peserta dapat pengetahuan yang lebih baik yang tidak dimiliki kebanyakan orang khususnya bagi Fakultas Ekonomi tiap Perguruan Tinggi yang berkepentingan".

Wien mengatakan "SUN itu seperti vitamin, apabila dikelola dengan baik hingga dapat keuntungan itu disebut hutang yang baik".

Dijelaskannya, SUN adalah surat berharga yang berupa surat pengakuan utang dalam mata uang rupiah maupun valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia, sesuai dengan masa berlakunya.

Selain SUN Syafwardi juga menambahkan Obligasi Negara (ORI) yaitu surat pengakuan utang jangka panjang (diatas 12 bulan) dengan kupon atau tanpa kupon dalam denominasi rupiah atau valuta asing yang dijamin pembayaran kupon dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia dengan masa berlakunya.

Lanjutnya ORI dijual kepada individu atau perorangan warga Negara Indonesia melalui agen penjual di pasar perdana.

Sosialisasi yang dimoderatori Wakil Dekan FE UBB Suhardi, S.E., M.Sc, Akt., berjalan lancar dengan antusias pertanyaan para peserta ditambah dengan diberikan doorprize untuk lima penanya terbaik.(devi/humas).













sumber : http://www.ubb.ac.id/indexberita.php?judul=Dirjen%20Pengelolaan%20Utang%20Bekerjasama%20Dengan%20FE%20UBB%20Adakan%20Sosialisasi%20SUN&&nomorurut_berita=449

Komentar