Unpad Wisuda 2.434 Sarjana Baru


BANDUNG - Universitas Padjadjaran (Unpad) kembali melepas alumninya melalui Sidang Terbuka Senat Universitas Padjadjaran Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2008/2009. Wisuda yang meluluskan sebanyak 2.434 mahasiswa ini diselenggarakan pada Selasa hingga Kamis, 24-26 Februari 2009, di Grha Sanusi Hardjadinata, Jl Dipati Ukur 35 Bandung.

Upacara wisuda ini dipimpin langsung oleh Ketua Senat Unpad, Prof Dr Ir Ganjar Kurnia, DEA selama tiga hari berturut-turut yang terbagi atas dua sesi setiap harinya. Pada sesi pertama Unpad meluluskan mahasiswa Program Pascasarjana, Pendidikan Sarjana, dan Program Diploma-III. Untuk Program Pascasarjana Unpad meluluskan sebanyak 39 orang Program Doktor (S-3) dan 286 Program Magister (S-2). Sedangkan lulusan Pendidikan Sarjana dan Program Diploma-III sebanyak 90 orang.

Dalam pidatonya, Prof Ganjar mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan, khususnya kepada wisudawan yang lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi, wisudawan yang berhasil menyelesaikan studi tercepat, wisudawan termuda, dan juga wisudawan tertua.

"Kami telah dan akan terus berupaya sekuat tenaga membangun citra unggul. Lulusan Unpad, kini termasuk dalam tiga besar yang paling diminati oleh berbagai instansi dan perusahaan. Kita harus bangga, Unpad adalah universitas dengan peminat calon mahasiswa terbesar,� yaitu 51.000 orang," tutur Prof Ganjar.

Lebih lanjut, Prof Ganjar mengatakan, ketersediaan lapangan kerja merupakan masalah yang sampai saat ini belum dapat terselesaikan. Untuk itu, Prof Ganjar menyarankan kepada para wisudawan untuk menjadi wiraswasta yang menitikberatkan pada pengembangan industri kreatif.

"Di Indonesia pada 2006, industri kreatif menyumbang Rp104,4 triliun atau rata-rata 4,75 persen terhadap PDB nasional selama 2002 hingga 2006. Jumlah ini melebihi sumbangan sektor listrik, gas, dan air bersih. Selain itu, sektor ini mampu menyerap 4,5 juta tenaga kerja dengan tingkat pertumbuhan sebesar 17,6 persen, pada 2006," papar Prof Ganjar.

Unpad, menurut Prof Ganjar, akan memberikan perhatian utama pada pendidikan wiraswasta yang dikaitkan dengan disiplin ilmu masing-masing. Pada 2009 ini, lanjut Rektor, Unpad akan melakukan berbagai pelatihan, pendampingan dan pemberian modal usaha kepada para mahasiswa yang berminat. "Dengan cara ini, kami mengharapkan agar semakin banyak lulusan Unpad menjadi pengusaha yang mandiri," ujar Prof Ganjar.
Sementara itu, perwakilan wisudawan, Irda Nur Ismi dari Fakultas Pertanian (Faperta) yang menyampaikan kata sambutan mengatakan bahwa hari ini merupakan catatan sejarah yang telah ditorehkan dalam hidupnya.
"Hari ini bukanlah hari terakhir, karena sebagian dari kita telah berencana untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, mencari pekerjaan bahkan untuk memulai hidup berumah tangga," ujar Irda. Tak lupa Irda mewakili wisudawan lainnya mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan wali serta keluarga atas doa dan dorongan yang telah diberikan selama ini.
Di sela-sela upacara wisuda dibacakan pula ikrar Unpad oleh Fajar Anugerah, wisudawan dari Faperta. Ikrar Unpad yang dibacakan ini kemudian diikuti oleh seluruh wisudawan sebagai tanda janji untuk menjaga nama baik Unpad.copy of okezone.com

Komentar